MATERI KULIAH: SUMBER PENDIDIKAN ISLAM

 


1. Pengantar

  • Pengertian "Sumber": Dalam bahasa Arab disebut mashdar, yang berarti titik tolak atau asal sesuatu. Sumber dalam pendidikan adalah titik awal dari mana nilai-nilai dan prinsip diturunkan dan dijadikan acuan dalam kegiatan pendidikan.

  • Perbedaan dengan "Dasar": Dasar adalah fondasi atau landasan, sedangkan sumber adalah pemancar nilai dan prinsip.

2. Pengertian Sumber Pendidikan Islam

  • Semua acuan atau rujukan dari mana pendidikan Islam mengambil nilai-nilai, prinsip, dan pengetahuan yang akan diinternalisasi dalam proses pembelajaran.

  • Sumber pendidikan Islam identik dengan sumber ajaran Islam itu sendiri.

3. Fungsi Sumber Pendidikan Islam

  • Mengarahkan tujuan pendidikan Islam.

  • Membingkai isi kurikulum pendidikan Islam.

  • Menjadi tolak ukur keberhasilan proses pendidikan Islam.

4. Macam-Macam Sumber Pendidikan Islam

A. Al-Qur’an
  • Definisi: Kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui wahyu dan pembacaannya merupakan ibadah.

  • Nama-nama Al-Qur’an: Al-Kitab, Al-Furqan, Adz-Dzikr, At-Tanzil.

  • Sifat-sifatnya: Cahaya (Nur), Petunjuk (Huda), Obat (Syifa’), Rahmat, Mauizah, Mubin, Mubarak, dsb.

  • Karakteristik:

    • Wahyu Ilahi

    • Terpelihara keasliannya

    • Mukjizat abadi

    • Mudah dipahami

    • Komprehensif dan untuk seluruh umat

  • Fungsi dalam Pendidikan Islam:

    • Petunjuk prinsip pendidikan (seperti kisah Luqman)

    • Mendasari sistem pendidikan, etika, sosial, dan pengembangan ilmu

B. Hadits
  • Definisi: Segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad (ucapan, perbuatan, persetujuan).

  • Perbedaan dengan Sunnah, Hadits Qudsi, Khabar, dan Atsar.

  • Fungsi dalam Pendidikan:

    • Penjelas Al-Qur’an

    • Contoh nyata (uswah hasanah)

    • Sumber etika dan metode pengajaran Nabi

    • Menyediakan prinsip-prinsip mendidik: kelembutan, hikmah, dan kasih sayang

C. Ra’yu / Ijtihad
  • Definisi: Pendapat yang muncul dari pemikiran rasional yang mendalam dan bertanggung jawab.

  • Contoh penggunaan: Kasus Mu’adz bin Jabal yang diutus ke Yaman.

  • Sub-sumber dalam ra’yu:

    • Madzhab Shahabat

    • Mashlahah Mursalah (kemaslahatan umum)

    • ‘Urf (tradisi baik masyarakat)

D. Pendapat Ulama
  • Pemikiran tokoh-tokoh seperti Al-Farabi, Al-Ghazali, Ibnu Sina, Ibnu Khaldun dll., menjadi sumber penting dalam pengembangan sistem pendidikan Islam.

  • Fokus pada pembentukan insan kamil (manusia paripurna).

E. Sejarah Islam
  • Praktik pendidikan sejak zaman Nabi, Khulafa Rasyidin hingga Dinasti Islam.

  • Kisah para Nabi sebagai inspirasi pendidikan (Nabi Luqman, Musa, Yusuf, Isa, dll.)


Strategi Penyampaian di Kelas

  1. Pendekatan Kontekstual: Hubungkan setiap sumber dengan praktik kehidupan modern.

  2. Diskusi Kritis: Tanyakan pada mahasiswa—"Mengapa ra’yu penting dalam pendidikan Islam hari ini?"

  3. Studi Kasus: Contoh mashlahat mursalah—ijazah, akta nikah, dll.

  4. Analisis Teks: Latihan membedakan hadits nabawi dan hadits qudsi.

  5. Refleksi Diri: Minta mahasiswa mengidentifikasi sumber yang paling berpengaruh dalam pendidikan yang mereka jalani.


Jika Bapak ingin saya bantu membuat slide PowerPoint, modul ajar, atau lembar kerja mahasiswa berdasarkan materi ini, tinggal beri arahan saja. Saya siap bantu!

You said:
Tolong buatkan lembar kerja mahasiswa
ChatGPT said:

Berikut adalah contoh Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk mata kuliah Sumber Pendidikan Islam. LKM ini dirancang agar mahasiswa aktif berpikir kritis, memahami konsep, serta mampu mengaplikasikan pemahamannya:


LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM)

Mata Kuliah: Pendidikan Islam
Topik: Sumber Pendidikan Islam
Dosen: Dr. Taufik Abdillah Syukur
Pertemuan ke: …
Waktu: …
Nama Mahasiswa: ____________
NIM: ____________


Tujuan Pembelajaran

Mahasiswa mampu:

  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi sumber pendidikan Islam

  2. Mengidentifikasi dan mengklasifikasi sumber-sumber pendidikan Islam

  3. Menganalisis relevansi sumber pendidikan Islam dengan konteks kekinian


A. PERTANYAAN PEMAHAMAN KONSEP

Petunjuk: Jawablah dengan singkat, jelas, dan tepat!

  1. Jelaskan pengertian “sumber” dalam konteks pendidikan Islam!

  2. Sebutkan dan jelaskan 3 (tiga) fungsi utama sumber pendidikan Islam!

  3. Uraikan 2 (dua) karakteristik Al-Qur’an sebagai sumber pendidikan Islam!

  4. Apa perbedaan antara hadits nabawi dan hadits qudsi?

  5. Jelaskan fungsi ra’yu (ijtihad) dalam konteks pendidikan Islam kontemporer!


B. KELOMPOK ANALISIS

Petunjuk: Diskusikan dalam kelompok dan tuliskan hasilnya.

Studi Kasus:
Di sebuah sekolah Islam modern, penggunaan ijazah, sistem akreditasi, dan kurikulum nasional diterapkan sebagai bagian dari sistem pendidikannya. Dalam konteks ini:

  1. Jelaskan bagaimana konsep mashlahah mursalah dan ‘urf diterapkan dalam sistem pendidikan tersebut!

  2. Apa tantangan penerapan nilai-nilai sumber Islam dalam sistem pendidikan formal saat ini?


C. TUGAS REFLEKSI PRIBADI

Petunjuk: Jawaban ditulis 1–2 paragraf di rumah.

Pertanyaan:
“Dari semua sumber pendidikan Islam yang telah dipelajari, manakah yang menurut Anda paling relevan untuk diterapkan di era digital saat ini? Jelaskan alasannya dan berikan contoh aplikasinya!”


Penilaian

  • Bagian A (Pemahaman Konsep): 30%

  • Bagian B (Analisis Kelompok): 40%

  • Bagian C (Refleksi Pribadi): 30%

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KATA PENGANTAR BUKU ILMU PENDIDIKAN ISLAM

MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

MATERI PERKULIAHAN: TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM